Tipe Kepribadianmu


Tipe Kolerik

Tipe kolerik adalah juga tipe terbuka tetapi biasanya tingkat keterbukaannya lebih rendah daripada tipe Sanguin yang super terbuka. Orang Kolerik adalah juga orang yang aktif, semangat pekerja keras, ambisius, motivator bagi orang lain. Karena sifatnya yang berkemauan keras mandiri dan berpendidikan keras, orang kolerik cenderung keras kepala. Kompromi merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka kecuali kompromi itu bermanfaat bagi tujuan yang mereka miliki. Mereka mempunyai tujuan untuk segala sesuatu dari kesehatan jasmani sampai tingkah laku anak. Mereka adalah tipe yang suka mengambil alih , yang suka memerintah orang-orang lain disekeliling mereka, tidak peduli apakah ornag itu menyukainya atau tidak. Orang Kolerik tidak pernah untuk mencoba untuk tidak menguasai suatu situasi dan mereka hidup penuh dengan pertentangan. Bagian dari sifat dasar mereka yang belum berkembang adalah emosi mereka. Mendapatkan persetujuan dari mereka hampir merupakan hal yang tidak mungkin. Mencapai tujuan mereka adalah ambisi bagi orang Kolerik, dan beberapa orang Kolerik mendapatkan reputasi mereka dengan memperalat orang lain.

Seseorang yang kolerik adalah seseorang yang dikatakan berorientasi pada pekerjaan dan tugas, dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihannya adalah dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan akan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kelemahan orang yang berciri kolerik adalah kurangnya kemampuan untuk bisa merasakan perasaan orang lain (empati), belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga agak minim, karena perasaannya kurang bermain.

Tipe Sanguin

Tipe Sanguin adalah tipe yang paling terbuka diantara semua tipe perangai. Bahkan tipe ini dapat disebut super terbuka. Orang Sanguin adalah orang yang suka berbicara mudah menyesuaikan diri ramah hangat dan penuh humor dan responsive. Tipe Sanguin tidak tahan melihat orang asing didepan mereka tanpa memberi tanggapan kepadanya. Orang Sanguin adalah orang yang suka bergaul dan spontan. Mereka jarang kwatir akan masa depan dan masa lalu, mereka menikmati lebih banyak kegembiraan dari hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Orang Sanguin biasanya bukan pemikir berat , mereka menafsirkan kejadian –kejadian yang ada dengan cepat. Kadang-kadang mereka mendapat kesulitan karena jarang mengantisipasi dari pilihan itu atau tindakan mereka. Perasaan mereka mempunyai peranan yang sangat dominan didalam segala sesuatu, sehingga mereka cenderung membuat keputusan-keputusan yang bersifat emosional. Belajar dari pengalaman, keputusan-keputusan yang bersifat emosional hampir selalu merupakan keputusan-keputusan yang buruk.

Sanguin adalah orang yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Tapi kelemahannya adalah dia cenderung impulsive, yaitu orang yang bertindak sesuai emosi atau keinginannya

Tipe Plegmatik

Tipe Plegmatik merupakan orang yang tertutup yang sangat diam, tidak menuntut kalem dan lambat. Mereka tidak pernah menjadi gelisah membuat malu diri mereka sendiri dengan meminta maaf untuk segala sesuatu yang telah mereka katakana. Mereka jarang mengeluarkan ide-ide atau perasaan jika mereka tidak yakin mereka tidak akan melukai atau menyakiti orang lain. Orang plegmatik merupakan orang yang sangat baik dengan sifat yang bahagia dan menyenangkan. Banyak yang dari mereka sangat lucu karena mereka mempunyai daya humor. Mereka dilahirkan dengan bakat diplomat dan pembawa damai, mereka dicintai oleh anak-anak. Orang-orang Plegmatik merupakan teman yang menyenangkan dan tidak menakutkan, dua dari kelemahan mereka yang utama adalah rasa takut dan egois, walaupun mereka menunjukkan sikap ini dengan sangat diplomatis sehingga bahkan beberapa teman baik mereka tidak mengenal mereka.

Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, ia intorspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Kelemahan orang plegmatik adalah ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang.

Tipe Melankolik

Tipe yang paling berbakat dari semua tipe adalah tipe Melankolik sekalipun mereka tipe paling akhir yang menghargai bakat mereka sendiri. Tipe Melankolik mempunyai sifat dasar yang tertutup. Mereka sering mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi dan bersifat estetis yang mendalam sehingga mereka lebih menghargai seni dibandingkan dengan perangai yang lainnya. Tipe Melankolik cenderung suka murung dan mudah putus. Orang Melankolik dilahirkan sebagai orang pefeksionis, sering meremehkan diri mereka sendiri untuk tidak tidak melakukan dengan lebih baik walaupun pada kenyataannya produktivitas mereka lebih daripada kebanyakan perangai lainnya. Mereka adalah orang yang mau mengorbankan diri sendiri, serius, dan takut akan kegagalan. Mereka mempunyai sifat dasar yang teliti, hidup dengan tantangan atau visi untuk menginvestasikan hidup mereka, tetapi jarang dapat menghasilkan sendiri.

Tipe melankolik adalah orang yang terobsesi dengan karya yang paling bagus, yang paling sempurna dan dia memang adalah seseorang yang mengerti estetika keindahan hidup ini. Perasaannya sangat kuat, sangat sensitif maka kita bisa menyimpulkan bahwa cukup banyak seniman yang memang berdarah melankolik. Kelemahan orang melankolik, ia mudah sekali dikuasai oleh perasaan dan cukup sering perasaan yang mendasari hidupnya sehari-hari adalah perasaan murung.

80 Responses to “Tipe Kepribadianmu”

  1. Novi Finno says:

    Aku melankolik tapi plegmatik juga :o

  2. dhechan says:

    saya tipe sanguin,, hehe
    sekedar info, kalau mau mengikuti tes kepribadian, bisa membaca di buku Personality plus karangan FLorence Littauer ^^

  3. azira07 says:

    saya tipe sanguin klw cari cwok enaknya dengan tipe apa?

  4. sifni says:

    kalau saya typenya apa yaa krn saya lahir di bulan maret zodiak aries dan shio kelinci tkss b4

  5. Lidya says:

    wahahahhahhahhahakaiiiiiiiiiiiii =))) *upsalah* haha mungkin aku orangnya sanguin……

  6. Safinah Al- Mubarokah says:

    aku melankolis banget, cucok banget deh sama aku…………..

  7. gina says:

    kayaknya saya adalah tipe plegmatik deh..,karna ciri2 nya bnyak yg sama..

  8. kangbudi79 says:

    aku termasuk yang melankolik,, dan butuh dukungan dari seseorang untuk maju mengekspresikan diri..

  9. trikanias says:

    Mungkin aku sanguin ☺

  10. luminar says:

    Jika orang plegmatik seperti yg dijelaskan, saya yakin yg punya kepribadian plegmatik aslinya gak akan mudah mengumumkan dirinya plegmatik. Mereka org2 yg suka introspeksi dan tidak pamer diri, bercerita diri. Jadi sangat tidak mungkin org yg benar2 plegmatik mengisi kolom ini dan mengatakan dirinya plegmatik.

  11. Deva says:

    Gua type Sanguin, hahahaha… sukses terus buat pemulihan jiwa.. ;)

  12. Ade Ezra Hutagalung says:

    Waah..
    Kalau saya sih Tipe Sanguin banget, hehehe :)

  13. dhila says:

    am sanguin type :)

  14. milka zinedine says:

    kayak’a aku type plegmatik deh, soal’a aku org’a pendiam,terusemang suka murung.. heheheeh 1000000 jempol buat pemulihan jiwa! :D

  15. sarangchullpa92 says:

    eung? Kepribadianku ada di plegmatik sama di melankolik.. Jd gmn itu? Aku masuk dua duanya,

  16. pip says:

    kaya nya aku tipe kolerik dehh…

  17. Magdalena Restiani Simamora says:

    dari ciri-ciri nya, saya lebih ke arah plegmatik :D

  18. Aris_riskie says:

    Kalo aku sih tipe melankolik .. Emang kaya gitu ada’y .. Tp kadang aq ga t’lalu pgn m’hasilkan yg benar2 perfek ..

  19. aulia says:

    dulu pernah ada yang bilang klo pribadi aulia adalah kolerik.. ehh.. sekarang baru tahu kolerik tu apaan..

  20. zahira rufaida says:

    huhuy,,,, masssa cihh githhu…. believe it or not…. maybe yes maybe no

  21. taufic says:

    Bisa jadi satu org punya dua kepribadian..jadi kadang sanguin kadang melankolik.. Tapi tetap pada diri seseorang ada kepribadian yang dominan

  22. idha says:

    kayaknya aq tipe melankolik dh..
    hmm..

  23. bawor says:

    Dari teori ini bobot saya Sanguin-40%, Koleris-30%, Melankolis-20%, Plegmatis-10% muncul secara simultan

    Teori yg lain saya tipe Langitan (creator imajiner) klo mau maju hrs bermitra dg tipe Bumi (penjual/manajer) yg berbeda chemistrynya agar saling melengkapi

    Sayangnya para pemimpin takut bermitra dg yg berbeda :)

  24. revy says:

    ijin copas ya..bagus..

  25. tipe kepribadian gue apa ya, gue bntang nya pisces lhr bulan febuari, mksh

  26. jaguar says:

    kenapa sifat saya ada di situ semua, bukan rakus tapi itu fakta… mehehehe……

  27. indah says:

    Klo aku kayaknya tipe melankolik deh…sensitif dan bawaannya murung melulu…

  28. Garry says:

    kolerik. mmmmm tetap maju pemulihan jiwa

  29. miwako says:

    plegmatik dah! :) cari yg mudaah2 aadje

Leave a Reply