Perlu Tahu 3 Hal Ini Sebelum Resign Tanpa Pekerjaan Pengganti


Menderita Post-Power Syndrome

Lelah, bosan, dan ingin mencari sesuatu yang lebih baik adalah sifat alami manusia. Justru akan menjadi pertanyaan jika ada orang yang tidak menginginkan sesuatu yang lebih baik dari apa yang sudah ada saat ini. Berhenti kerja dan pindah pada perusahaan lain untuk mencari yang lebih baik lagi atau mungkin karena bosan, sah-sah saja dilakukan oleh setiap orang. Namun, ada baiknya kamu harus memastikan backup pekerjaan cadangan sebelum kamu resign dari tempat lamamu, kecuali jika kamu memang berniat membangun usaha, istirahat sejenak, ataupun hanya ingin freelance.

“Saat ini saya berhenti dari pekerjaan saya sebelumnya karena memang ada beberapa peraturan perusahaan yang tidak bisa diterima dengan akal sehat saya. Saat memutuskan berhenti memang saya berniat untuk bekerja sebagai freelancer untuk sementara jadi memang saya memang sengaja tidak mencari backup kerja kantoran dulu,” ujar Asri, 25 tahun.

Buat kamu yang bersikeras ingin berhenti bekerja sebelum mendapatkan pekerjaan baru, ada baiknya pikirkan beberapa kali. Kenapa? Karena selama kamu menganggur, bukan tidak mungkin lho kamu terkena post-power syndrome. Dalam sebuah tulisan dr. Amelia Rusli Asari yang berjudul Waspadai Post-Power Syndrome pada Lansia dikatakan bahwa post-power syndrome merupakan keadaan ketika orang hidup dalam bayang-bayang kejayaan masa lalunya dan belum bisa menerima kenyataan yang ada. Apa akibatnya jika kita terkena syndrome tersebut? Stres sudah pasti nggak bisa dihindari.

Estimasi dana cadangan yang harus disiapkan

Bukan hanya itu, ketika kita memutuskan berhenti kerja sebelum mendapatkan pekerjaan baru, kita tentu harus memikirkan dana simpanan yang bisa digunakan untuk bertahan hidup selama kita mencari kerja baru. Nggak mungkin kan orang lain yang akan mem-backup semua pengeluaran rutin kita?

Menurut Lisa Soemarto, Senior Advisor pada AFC Financial, kamu harus menyiapkan dana sebesar 3 kali pengeluaran rutin yang biasa kamu lakukan jika kamu memutuskan resign saat belum mendapat peluang di tempat lain. Tiga kali dana pengeluaran rutin? Yes, tapi itu buat yang masih lajang lho. Untuk kamu yang sudah berkeluarga dengan 1 orang anak, kamu harus menyiapkan dana cadangan hingga 6 kali pengeluaran. Sedangkan jika kamu memiliki 3 orang anak, harus menyiapkan dana sampa 12 kali pengeluaran rutin. Nggak sedikit kan.

Keterpurukan perekonomian

Nah, apa yang akan terjadi jika nggak punya dana cadangan? Pastinya perekonomian kamu bakal terguncang 100%, Fimelova. Karena itu, sebelum kamu memutuskan resign untuk istirahat sejenak dari kerja atau saat belum dapat kesempatan kerja lagi, wajib hukumnya untuk menyiapkan dana cadangan. Dan sekalipun kamu sudah menyiapkan dana cadangan, kamu harus memikirkan sumber dana segar lain selanjutnya karena yang namanya dana cadangan sifatnya sementara untuk keadaan darurat.

Well, ternyata resign dari kantor nggak semudah mengirimkan surat pengunduran diri dan menghadap atasan serta HRD ya. Ada hal-hal kecil yang jarang terpikirkan namun ternyata sangat vital buat keberlangsungan hidupmu. Dan satu lagi, saat kamu masih menganggur, itu artinya kamu harus menekan pengeluaranmu sebanyak 50—75% lho, Fimelova! Sudah siap mengalami jetlag dari gaya hidup yang kamu jalani saat ini?

One Response to “Perlu Tahu 3 Hal Ini Sebelum Resign Tanpa Pekerjaan Pengganti”

  1. Terapi Detox says:

    Terima kasih atas nasehatnya Pak Deddy.

Leave a Reply