Kesepian dan Stres Undang Kanker Payudara


Rasa kesepian ditambah lagi sering menghadapi situasi stres diduga meningkatkan risiko kanker payudara. Bukan hanya itu, kesepian juga meningkatkan ukuran sel tumor lebih dari 8.000 persen.
Meski hal itu baru terbukti pada mencit di laboratorium, namun berbagai penelitian sudah sejak dulu menemukan kaitan antara kesepian dan sistem imunitas tubuh. Berbagai studi telah membuktikan bahwa kesepian mengundang penyakit.

Dalam penelitian terhadap mencit di atas yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the National Academy of Science edisi Desember 2009, para ahli menyimpulkan bahwa isolasi diri dan stres memegang peran penting dalam terjadinya kanker payudara pada manusia.

Ketika kesepian membawa seseorang pada keadaan depresi, hormon-hormon dalam tubuh seperti adrenalin, serotonin, dan kortisol akan terpengaruh. Selain itu produksi hormon stres juga meningkat. Aktivitas hormon inilah yang memicu munculnya penyakit.

Kesepian sebenarnya memiliki makna yang berbeda dengan kesendirian. Kesendirian justru dirasakan sebagai pengalaman positif dan menyenangkan serta menyegarkan emosi, karena aktivitas yang dilakukan saat sendiri dapat dipakai untuk menikmati ketenangan, melakukan refleksi diri, dan mencari jati diri. Kesepian, di lain pihak, adalah perasaan kosong dan terisolasi yang sangat kuat, seolah terputus, tidak tersambung dengan orang lain.

KOMPAS.com -

Leave a Reply