Kebiasaan yang Bisa Membuat Pikiran Tenang


JakartaSeseorang yang seringkali merasa cemas dan selalu berpikiran negatif akan lebih rentan terhadap stres. Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membangun kebiasaan agar Anda dapat lebih tenang menanggapi suatu masalah dan terhindar dari stres.
Berikut 8 kebiasaan sehat yang dapat membuat Anda lebih tenang, seperti dilansir womansday,antara lain:

1. Bernapas dengan perut

Sesekali bernapas dengan perut dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan memicu otak untuk menurunkan konsentrasi hormon stres.

2. Tidur malam yang cukup

Tidur malam yang berkualitas telah dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap berbagai penyakit kronis. Kurangnya jam tidur dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres yang membuat hari-hari Anda tidak tenang dan penuh kecemasan.

3. Ngobrol dengan orang terdekat

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan ikatan sosial dan membuat seseorang merasa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman. Orang yang sering ngobrol dengan teman-temannya cenderung tidak mudah stres jika menghadapi suatu masalah.

4. Sadar lingkungan

Setiap hari selama satu menit, cobalah untuk lebih dekat dengan alam dan memperhatikan apa yang terjadi pada tubuh dan lingkungan sekitar Anda. Fokuskan pikiran sejenak terhadap lingkungan sekitar, dengarkan detak jantung, dan perhatikan setap hembusan napas Anda agar lebih rileks dan tenang.

5. Mendengarkan musik

Orang yang hobi mendengarkan musik akan segera terbebas dari ketegangan dan mendapatkan ketenangan setelah dirinya mulai memutar musik favorit.

6. Tuliskan isi pikiran Anda

Tulislah pikiran-pikiran negatif Anda terhadap suatu hal atau prasangka buruk yang membebani Anda pada suatu daftar di buku harian. Setelah itu tuliskan hal-hal positif yang bertentangan pada daftar di sebelahnya.

Hal ini dapat mengubah cara pikir Anda secara alami, bahwa setiap hal yang terjadi pada Anda tidak semuanya buruk dan selalu ada sisi positifnya.

7. Banyak bersyukur

Dengan mensyukuri semua nikmat yang didapatkan, seseorang akan selalu merasa puas, percaya diri, tenang, dan terhindar dari kecemasan. Budayakan mengucap syukur kepada Tuhan dan berterimakasih atas kasih sayang yang Anda dapatkan dari orang-orang terdekat seperti orang tua, pasangan, dan teman-teman.

detikHealth

 

6 Responses to “Kebiasaan yang Bisa Membuat Pikiran Tenang”

  1. Rita says:

    lah, katanya ada 8 min, kok cuma 7?

  2. Tulisan ini sangat bermanfaat bila dipraktekan. Terima kasih atas postingannya.

  3. Edy Pambudi says:

    Berprasangkah baik…akan damai…..sesungguhnya ucapan juga prasangkah qt adalah doa ….karena ” sesungguhnya Allah Berserta dengan Prasangkah hambanya…

  4. Richard says:

    Trima kasih mas Deddy atas sharing infonya. Jadi jadi lebih mengerti bahwa ternyata bernafas dengan “nafas perut” bisa membuat lebih tenang dan memang benar terbukti.

    Thanks again.

  5. pera agistia says:

    Katanya sters bisa bikin muka cepet tua. Gimana cara y banyak pikiran tapi ga bikin muka cepet tua gara2 terlalu banyak beban.

  6. Tips yang diberikan Pak Dedy benar – benar bagus! Terlebih harus memperhatikan point nomor 7, banyak bersyukur di segala keadaan.

Leave a Reply