Dibanding Pria, Wanita Mengingat Nama Lebih Baik


Bertemu dengan seseorang, ingat wajahnya tapi lupa namanya? Situasi ini mungkin sering dialami. Tapi, jika dibandingkan, pria lebih sering mengalaminya daripada wanita.

Kaum hawa ternyata memiliki ingatan lebih kuat soal mengingat wajah dan nama seseorang. Hal ini menurut studi yang diterbitkan dalam Journal Psychological Science dilakukan oleh para peneliti asal Mcmaster University, Ontario, Kanada.

Para peneliti melibatkan 120 orang yang akan diperkenalkan pada 10 orang berbeda selama empat hari. Dengan menggunakan helm berteknologi eye tracking, mereka diminta melihat 10 foto orang tersebut untuk mengingat kembali wajah dan nama-namanya.

Pada hari pertama percobaan hasil studi cukup signifikan. Terlihat kemampuan wanita yang lebih mengenali orang-orang tersebut. “Dari 10 orang baru yang diperkenalkan, rata-rata wanita mengenali tujuh wajah, sedangkan pria hanya mengenal lima atau enam wajah,” kata salah satu peneliti, Jennifer Heisz, seperti dikutip dalam Daily Mail.

Dalam hal mengingat wajah dan nama, wanita memiliki ingatan lebih baik dibandingkan pria. Karena, wanita memiliki naluri yang lebih untuk terlibat secara sosial dengan orang lain, bahkan yang baru dikenal. Wanita memproses informasi visual dengan cara berbeda dari pria.

Ini artinya wanita memiliki kecenderungan memiliki memori episodik yang lebih unggul. Ingatan yang berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengingat wajah, nama, bahkan adegan tertentu di masa lalu. Tak hanya itu, wajah dan nama mudah diingat seseorang, karena orang tersebut memiliki perbedaan atau wajah yang unik. (art)

• VIVAlife

Leave a Reply