4 Kesalahan yang Membuat Rambut Berketombe Semakin Parah


Semua orang tentu tidak ingin berketombe, sayangnya, ada beberapa cara yang dipercaya dapat menghilangkan ketombe tapi justru membuat rambut serta kulit kepala jadi tak sehat. Apa saja?

Beberapa orang menganggap, mencuci rambut dengan banyak shampo dan menggaruk-garuk kulit kepala dapat menghilangkan …
1. Menggaruk kepala
Timbulnya ketombe sering dibarengi dengan kulit kepala yang gatal. Menggosok atau menggaruk rambut mungkin dirasa dapat mengurangi serpihan ketombe dan rasa gatal. Tapi itu justru memperparah. Ketombe pada dasarnya merupakan sel-sel kulit mati yang terangkat karena kulit kepala bermasalah. Kebiasaan menggaruk kepala hanya akan membuat serpihan kulit matinya terangkat dan semakin terlihat.

2. Mencuci rambut berlebihan
Beberapa orang menganggap, mencuci rambut dengan banyak shampo dan menggaruk-garuk kulit kepala dapat menghilangkan ketombe. Tidak benar. Ketombe terjadi bukan karena rambut atau kulit kepala Anda kotor, tapi bisa terjadi karena Anda menggunakan produk rambut yang salah sehingga kulit kepala terkelupas.

Mencuci rambut terlalu sering dan berlebihan justru bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sensitif dan meradang. Ketimbang terus menerus mencucinya, lebih baik gunakan shampo khusus rambut berketombe dengan pH netral yang berguna mengembalikan asam-basa kulit kepala Anda.

3. Melembapkan rambut
Anda mungkin berpikir bahwa salah satu penyebab rambut berketombe adalah karena kulit kepala yang kering. Oleh sebab itu, Anda pun mengoleskan minyak esensial atau pelembap. Mungkin cara itu bisa mengatasi masalah, tapi hasilnya hanya bersifat sementara. Menurut Amy J. McMichael, ahli dermatologi di Amerika, ketombe sebenarnya merupakan penyakit inflamasi kulit kepala yang tidak berhubungan dengan kekeringan.

4. Menggunakan shampo yang salah
Salah satu kandungan shampo yang sebaiknya dihindari adalah sodium lauryl sulfate (SLS). Kandungan tersebut berguna membuat shampo menghasilkan banyak busa dan menghilangkan minyak pada kulit kepala Anda. Sayangnya, minyak tersebut merupakan pelembap alami yang membantu mencegah timbulnya jamur pada kulit kepala. Menurut pakar, SLS juga dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya, cari shampo organik atau shampo yang mengandung bahan efektif untuk mengurangi ketombe seperti selenium disulphide, piroctone olamine, salicylic acid, ceramides, seng, selenium dan vitamin PP.

Leave a Reply